Home » , » Smartfren Andromax C3si, Ponsel KitKat Bertenaga Quad Core Usung 4G LTE Harga 800 Ribuan

Smartfren Andromax C3si, Ponsel KitKat Bertenaga Quad Core Usung 4G LTE Harga 800 Ribuan

Dipublikasikan oleh Maman Soleman

Warta IPTEK - Kiprah smartphone besutan operator Smartfren dari Andromax seri C memang layak dipuji. Diawali dengan tipe C, lalu dilanjutkan ke C1, C2, dan C3, semuanya sukses di pasaran. Kabarnya, Smartfren Andromax C3 bahkan terjual sekitar 1,3 juta unit. Kini Smartfren merilis penerusnya, yaitu Andromax C3si yang tetap menjadi smartphone terjangkau berkinerja cepat.

Sebagai ponsel murah, tak perlu berharap banyak pada urusan desain. Jadi, tampilannnya biasa saja dan sederhana, termasuk bahan plastik casingnya. Namun, kelengkapan tombol dan portnya bagus, seperti volume, power, microUSB, speaker, kamera plus flash di belakang dan depan.

Posisi microUSB agak merepotkan saat ingin mengisi ulang ponsel sambil dipakai, karena kabelnya menghalangi. Resolusi layar terbilang sedang, dengan ketajaman yang tak istimewa, namun mampu menampilkan warna yang cemerlang.

Di bawah layar, berderet tiga tombol haptic; Menu sekaligus tombol Multitasking. Home dan Back Layamya memang kecil jadi agak repot dipakai mengetik cepat akibat ukuran huruf dan jarak di keypadnya yang juga kecil. Beralih ke respon layar, bisa mengikuti sapuan jari dengan cukup baik, di posisi dan aplikasi apapun yang sedang dibuka.

Berbekal OS Android KitKat, tampilan antarmukanya masih tetap seperti Smartfren sebelumnya, dengan lima halaman homescreen.

Selain pintasan aplikasi dan widget, di homescreen juga ada widget informasi nomor Smartfren yang sedang dipakai. Isinya lengkap mulai dari nomor, status nomor, sisa pulsa, sisa kuota data, hingga masa berlakunya. Ini periting, karena orang sering terlupa dan kehabisan pulsa ketika keasyikan menikmati smartphonenya.

Pengunci layar hanya bisa membuka ke kamera dan Google Now. Di sisi bawah homescreen, berjejer pintasan permanen untuk Telepon, SMS, kamera dan folder aplikasi bawaan Google. Tesedia banyak aplikasi bawaan Smartfren, seperti Smart English (kursus bahasa Inggris), Bank Sinarmas, Excite, Senter, Funbox, Smartcall, juga Games anti galau, Gudang Musik, migme, Smartfren Appstore, Smartshield, Speed call, Uangku, LipstikTV, update firmware dan WPS Office.


Aplikasi Smart English adalah kursus bahasa Inggris bertarif mulai dari Rp 1100/hari. Gudang Musik menyediakan koleksi lagu-lagu legal dengan harga terjangkau. Funbox berupa portal berita pilihan Smartfren, plus game menarik.

Lalu ada Smart call aplikasi VoIP untuk menelepon dan SMS langsung dari phonebook lewat internet Smartshield, antivirus lengkap yang bisa melindungi data di smartphone, backup daftar kontak, dan data keuangan saat transaksi online. Speed call menyediakan sembilan nomor cepat untuk kontak pilihan.

Lagu-lagu bisa diputar lewat Google Music atau Music Player bawaan. Tampilannya sederhana, tanpa banyak pengaturan, termasuk tak ada equaliser. Tapi jangan khawatir, pengaturan nada bisa dilakukan terpisah lewat Dolby. Ternyata, bekal teknologi Dolby yang dibenamkan sangat membantu menghasilkan suara yang mantap.

Lewat speaker mononya, suara tampil jernih dan keras, tanpa distorsi nada di volume maksimal. Lewat earphone, lagu stereo yang kuat bisa dinikmati, dan bisa ditingkatkan dengan baik lewat Dolby, termasuk nada bass yang terdengar cukup bertenaga. Pengatur suara Dolby ini bisa diterapkan baik lewat speaker maupun earphone.

Hiburan lain, radio FM stereo, hanya menangkap stasiun radio FM di wilayah sekitar ponsel ini diaktifkan. Jika penangkapan pas, suara radio terdengar bagus dan jernih. Siaran radio bisa direkam, dan bisa diatur agar mati otomatis dalam waktu 15 menit hingga 1 jam.
Meski terjangkau, Smartfren Andromax C3si punya kamera cukup bagus beresolusi 5 MP. Fiturnya standar saja, seperti Face Detection. Saturation, Contrast Sharpness. White Balance dan Scene Mode.



Adapula fitur  Denoise untuk mengurangi bintik saat memotret dalam ruang, meski  mengurangi ketajaman foto. Hasil foto di luar ruang tajam dengan warna alami. Namun, foto makro sulit dilakukan karena kamera tak kunjung bisa fokus dalam jarak dekat.

Di dalam ruang, ketajaman menurun, warna memudar dan noise mulai muncul, serta mudah blur dengan sedikit gerakan. Untungnya, flash cukup kuat dan mampu mendongkrak kualitas foto lebih tajam dan warna lebih cemerlang.

Menariknya, di kamera depan (3MP) ada flash, sehingga sangat membantu membuat wajah lebih terang saat berfoto selfie. Rekaman video juga menarik karena tampak lebih tajam dari fotonya, termasuk warnanya. Namun, gejala kelebihan kontras sedikit terlihat dan mengurangi tampilan alami video. Di dalam ruang, ketajaman dan warna juga masih bagus dengan noise rendah. Apalagi, flash bisa dipakai sebagai lampu video untuk menerangi obyek.

Sebagai ponsel dengan prosesor dan RAM 512MB, kinerjanya terbilang cukup bagus. Tak istimewa memang, namun banyak aplikasi berjalan lancar, termasuk multitasking. Game-game kelas sedang bisa dijalankan dengan baik, tapi jangan berharap banyak untuk memainkan game berat. Apalagi, layamya memang agak kecil untuk berlama-lama nge-game.

Koneksi ke PC berlangsung mudah karena ponsel langsung dikenali, sehingga transfer data berlangsung cepat. Baterainya standar, bisa bertahan seharian dengan pemakaian wajar.

Fitur Qualcomm Quick Charge cukup membantu mengisi ulang lebih cepat. Untuk menghemat baterai, bisa diaktifkan fitur Auto Power On/Off yang akan mematikan dan menghidupkan ponsel secara otomatis. 

Spesifikasi Smartfren Andromax C3si dan Harga Smartfren Andromax C3si
 Rilis: April 2015
Jaringan: CDMA Dual Band, GSM Dual Band 
Dimensi: 124.5 x 64.5 x 10.2 mm 
Baterai: Li-Ion 1500 mAh
Layar: LCD capacitive touchscreen 4.0 inci WVGA, 480 x 800 piksel 
OS: Android 4.4.4 KitKat
Prosesor: Qualcomm Snapdragon Dual-core 1.2 GHz, GPU Adreno 302
Kamera: 5 MP, Flash, autofokus, kamera depan 3 MP+Flash, video 720p
Audio Player: MP3/WAV/eAAC+, Dolby Digital Plus
Video Player: MP4/H.264
Radio: Stereo FM, FM Recording
Koneksi nirkabel: Wi-Fi, EVDO Rev.A, Bluetooth V3.0A2DP
Koneksi kabel: microUSB v2.0. jack audio 3.5 mm
Memori: internal 4 GB, RAM 512MB; eksternal microSD hingga 32GB 
Messaging: SMS (threaded view), MMS, Email, Push Mair
Lain-lain: GPS/A-GPS, Dolby Digital Sound, File Manager, radio FM, Backup a,   and Restore. Drive, Google Apss, Smart English. Excite, Senter, Funbox, Smartcall, Games anti galau, Gudang Musik. migme, Smartfren Appstore, Smartshield, Speed call, Uangku, Lipstik TV, WPS Office


0 komentar:

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.

Internet

Tokoh

Teknologi

Komputer

Berita

Ilmu Pengetahuan

Elektronika

Gadget

Tips dan Trik