iklan space 728x90px

Acer Liquid X1, Ponsel Octa Core 4G LTE Berbasis KitKat Harga 4 Jutaan

WartaIPTEK.com - Tahun lalu, tepatnya bulan September 2014. Acer meluncurkan varian Liquid X1. Varian X dalam ranah Liquid baru terdapat satu. Sebelumnya, Acer hanya meluncurkan varian Liquid tipe C, E, Jade, M, S, dan Z. Penasaran bukan dengan fitur dan kinerja yang terdapat dalam perangkatnya? Cekidot.

Desain dan Layar
Pertama kali Anda melihatnya, bodi bongsor menjadi identitas dari Acer Liquid X1. Dimensinya sebesar 153,3 x 80,4 x 8,5 mm. Bobotnya cukup ringan, hanya seberat 164 gram saja. Lumayanlah untuk ponsel ukuran raksasa. Lekukan yang ditawarkan Acer Liquid X1 terlihat samar. Setiap sudutnya tidak berbentuk siku sehingga tidak terlihat kaku dan dinamis. Bagian belakang perangkat ini mengenakan bahan polikarbonat. Membuat smartphone ini kesat dan tidak licin saat digenggam Terdapat dua warna pada varian ini, yakni Graphite Black dan Wine Red.


Ukuran layar Acer Liquid X1 sebesar 5,7 inci. Sangat besar bukan untuk kategori smartphone? Saat Anda mencoba menggenggam dengan satu tangan. Handset ini agak sulit. Apa lagi saat memasukkannya ke dalam kantung celana. Terasa susah dan sempit.

Teknologi layar yang dipakai Acer Liquid X1 masih IPS LCD. Tampilan warna yang dihasilkan cukup terlihat cerah dan terang. Resolusi layar smartphone ini masih standar. Resolusi layarnya hanya sebesar 1280 x 720 pixels dengan  kerapatan piksel sebesar 258 ppi. Untuk proteksi, Acer Liquid XI telah mengadopsi Corning Gorilla Glass 3 sebagai pelapis.

Kinerja
Acer Liquid X1 menyematkan prosesor octa-core ARM Cortex-A7 1,7 GHz. Pengguna smartphone ini tidak usah khawatir dengan kinerja dari prosesor ini. Prosesor tersebut berkolaborasi dengan chipset besutan Taiwan, yakni MediaTek MT6592. Walaupun MediaTek dikenal sebagai chipset murah, namun memiliki kemampuan yang baik.

Saat membuka banyak aplikasi, menonton video, mendengarkan lagu, browsing internet, bahkan bermain game, semua berjalan lancar tanpa adanya hambatan. Ini semua dapat terjadi melalui dukungan prosesor dan chipset yang disandingkan secara baik dalam Acer Liquid X1.

Untuk masalah sistem operasi, Acer Liquid X1 mengadopsi OS Android v4.4.2 KitKat. RAM-nya sebesar 2 GB. Kapasitas penyimpanan internal yang disuguhkan sebesar 16 GB. Jika masih merasa kurang, terdapat slot microSD yang dapat menampung data hingga 32 GB. Cukup besar bukan kapasitas memori eksternalnya?

Konektivitas yang diberikan oleh Acer Liquid X1 sudah 4G LTE. Nikmati pengalaman berselancar di dunia maya dengan lancar dan cepat. Tidak lupa adanya koneksi Wi-Fi untuk berkoneksi internet tanpa batas dan Bluetooth v4.0 agar pengguna mempermudah dalam pengiriman data.

Adapun aplikasi bawaan yang disediakan Acer Liquid X1 seperti Acer SnapNote untuk menyimpan gambar saat presentasi. Hasil akhirnya dapat diekspor menjadi file gambar atau file PDF. AcerEXTEND berfungsi mencerminkan layar smartphone pada layar komputer. Acer Portal sebagai cloud storage milik Acer sendiri. Di dalamnya terdapat abDocs, abFiles, abMusic, abPhoto, dan abVideo. Dan Acer Backup untuk meng-backup data.

Sementara itu fitur yang disematkan Acer pada Acer Liquid X1 antara lain Acer ZoomFit. Fitur ini membuat tampilan layar menjadi 4 inci. Sehingga pengguna dapat mengoperasikan cukup dengan satu tangan. Fitur kedua ialah AcerRapid. Dengan ini pengguna dapat membuka kunci layar, mengambil gambar, dan jalan pintas menuju Music Player. Fitur terakhir adalah AcerFloat. Fitur ini dapat membuka banyak aplikasi, tanpa keluardari program aplikasi yang sedang berjalan.

Kapasitas baterai yang diusung Acer Liquid X1 cukup besar yakni 2700 mAh. Oya, Acer Liquid X1 hanya menyediakan single-SIM card. Padahal saat ini sudah banyak bertebaran smartphone dual-SIM card dengan harga terjangkau. Akan lebih kompetitif bila smartphone ini menganut pola dua kartu.

Kamera
Acer Liquid X1 mengadopsi dua buah kamera. Kamera primernya berkekuatan 13 MP dengan resolusi 4160 x 3120 piksel. Tidak lupa dilengkapi fitur AF dan LED fiash sebagai cahaya tambahan. Bukaan diafragmanya sebesar f/1,8.  Hasil gambar yang didapat bagus. Gambar tajam dan warna terlihat cerah. Autofocus bekerja dengan cepat. Gambar makro yang diambil juga terlihat bagus.

Ini berkat fitur Noise Reduction dan Mode Night. Sehingga gambar yang dihasilkan cukup bagus saat kekurangan cahaya. Fitur Noise Reduction bekerja untuk memimmausir grain atau noise pada malam hari. Namun sayang, kamera sekunder yang yang disematkan Acer Liquid XI hanya berkekuatan 2 MP. Walaupun cukup untuk ber-selfie ria, namun hasil yang didapat terasa kurang memuaskan.

Fitur kamera yang terdapat pada Acer Liquid X1 cukup banyak. Seperti normal, HDR, panorama,   beautification, best shot, bright magic, smile shutter, AEB, picture with sound, free focus, multi angle view, presentation, motion track, live photo, dan gourmet.

Pengguna dapat mengatur resolusi gambar pada menu Settings. Selain itu, pengguna dapat mengatur ISO sesuka hati. ISO tertinggi sebesar 1600. Untuk perekaman videonya beresolusi 720p@30fps. Gunakan fitur video stabilizer agar meminimalisir getaran yang terjadi saat merekam video.

Multimedia
Jangan khawatir dengan multimedia yang dimiliki Acer Liquid X1. Handset im rnengenakan GPU I 450MP4 Tampilan yang dihasilkan dari grafts ini cukup baik, jernih, tajam, dan halus.

Adanya RAM sebesar 2 GB. mengoptimatkan kinerja Acer Liquid X1 saat bermain game. Kualitas suara yang dihasilkan Acer Liquid X1 sangat memukau.  Speakernya merupakan teknologi dari DTS Sound. Suara yang dtsemburkan melalui speaker ini sangat mengge-egar. Dentuman bass-nya terdengar bulat. Suaranya jernih, tidak pecah, dan powerful, termasuk saat menyetel dalam volume tertinggi. Apa lagi saat mencobanya dengan headset. Suara yang dihasilkan jauh lebih merdu. Dentuman bass-nya terdengar lebih bulat. Pengalaman bermusik pun lebih mendalam dengan adanya teknologi dari DTS Sound.

Daya Saing
Lawan terberat dan Acer Liquid X1 adatah Asus Zentone 2 RAM 4 GB Storage 32 GB. Harga terbaru dari
Asus Zenfone 2 sebesar Rp3.999.000. Varian ini baru rilis di Indonesia pada bulan Mei 2015.

Sama-sama menggunakan teknologi jaringan 4G LTE. Dimensi lebih kecil. Bobot sedikit lebih berat. Menyematkan dual-SIM card. Kerapatan piksel jauh lebih tinggi dan resolusi layar lebih tinggi. Sama-sama mengenakan Corning Gorilla Glass 3.

Selain itu, OS Android sudah v5.0 Lollipop. Prosesor masih quad-core. RAM lebih besar. Terdapat tiga varian kapasitas memori internal (16, 32, 64), kapasitas penyimpanan eksternal lebih besar dari smartphone lainnya. Layar yang lebih besar. Kamera sekunder pikselnya lebih tinggi. Kapasitas baterainya lebih besar. Varian warnanya lebih banyak.

Acer Liquid X1 memiliki bobot yang lebih ringan. Mengusung layar lebih lebar. Prosesor sudah octa-core ARM Cortex-A71,7 GHz. Terbukti bahwa Acer Liquid X1 mampu bersaing dengan Asus Zenfone 2 dan smartphone lainnya. layar  yang sangat lebar merupakan keandalan perangkat ini,

Rilis: September 2014.
Jaringan: 2G, GSM, GPRS, EDGE. 3G. HSDPA. HSUPA, 4G LTE. 
Dimensi: 153,3 x 80,4 x 8,5 mm.
Bobot: 164 gram.
Layar: 5,7 inci, IPS LCD, Capacitive Touchscreen, 16M Colors, HD 1280 x 720 pixels, 258 ppi, Multitouch, Corning Gorilla Glass 3. 
OS: Android V4.4.2 KitKat
Chipset: MediaTek MT6592. 
Prosesor: Octa-core ARM Cortex-A7 1,7 GHz.
GPU: Mali-450MP4. 
Kamera: 13 MP, 4160 x 3120 pixels, AF, LED flash, geo-tagging, 2 MP. Video: 1080p. 
Player Audio: Yes. 
Player Video: Yes.
Radio: FM Radio.
Konektivitas Nirkabel: Wi-Fi 802.11 b/g/n, Hotspot, Bluetooth v4.0,A2DP, GPS, A-GPS. 
Konektivitas Kabel: Micro-USB v2.0, jack 3,5 mm. 
Memori Internal: RAM 2 GB, ROM 16 GB. 
Memori Eksternal: MicroSD up to 32 GB. 
Messaging: SMS, MMS, Email, Push Email.
Warna: Graphite Black, Wine Red.
Lain-lain: Sensor Accelerometer, Proximity, Compass, HTML5, MP3/WAV/AAC Player, MP4/H.264 Player, Document Viewer, Photo Viewer/Editor, Voice Memo/Dial. 
Baterai: Li-Po 2700 mAh. 

Harga Acer Liquid X1: Rp 3.999.000

Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Acer Liquid X1, Ponsel Octa Core 4G LTE Berbasis KitKat Harga 4 Jutaan"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.