Home » , » New Mac Pro, PC Desktop Tangguh Dengan Desain Revolusioner

New Mac Pro, PC Desktop Tangguh Dengan Desain Revolusioner

Dipublikasikan oleh Maman Soleman

Warta IPTEK - Salah satu kejutan besar pada ajang WWDC 2013 lalu adalah diperkenalkannya versi terbaru desktop kelas atas, Mac Pro. Model terbaru tersebut melewatkan prosesor Intel Core generasi ke empat yang sebelumnya diberi kode Haswell, melainkan menyematkan prosesor level-pro, Xeon. Meskipun prosesor yang digunakan patut mendapatkan tepukan tangan, hal utama yang menarik banyak perhatian adalah desainnya yang out of the box. Lepas dari bayang-bayang bentuk persegi kotak, New Mac Pro memiliki bentuk silinder berwarna hitam mengkilat yang seolah menegaskan diri sebagai mesin masa depan. Tidak berlebihan jika desain barunya yang mirip sebuah menara ini dikatakan sebagai langkah radikal yang inovatif.

Tidak hanya tampilan fisiknya yang mengusung desain revolusioner, performa di dalamnya juga ikut ditingkatkan. Seperti yang telah dikatakan, New Mac Pro membekali diri dengan prosesor Xeon generasi berikutnya, GPU ganda kelas workstation, Thunderbolt 2, penyimpanan flash PCI Express dan memori ECC ultra-cepat, tidak salah kalau New Mac Pro yang memiliki tinggi 9.9 inci ini menyimpan kekuatan besar di dalam fisiknya yang mungil.

Prosesor Mac Pro model terbaru menggunakan chipset Intel Xeon E5 generasi terbaru yang memiliki konfigurasi/susunan kekuatan pemrosesan hingga 12 cores dengan bandwith PCI Express (PCIe) generasi ke tiga yang mencapai 40GB per detik serta instruksi floating point dengan luas 256 bit. PCIe merupakan standar bus ekspansi seri komputer berkecepatan tinggi yang didesain untuk menggantikan bus standar PCI, PCI-X dan AGP. Tidak hanya itu, dengan dua GPU kelas workstation AMD FirePro, New Mac Pro ini menyuguhkan kemampuan 2.5 kali lebih cepat ketimbang Mac Pro yang ada saat ini serta memberikan keunggulan komputasi hingga 7 teraflops, bandingkan dengan Mac Pro saat ini yang memiliki performa GPU hanya 2.7 teraflops.

Setiap komponen yang terdapat dalam New Mac Pro telah dioptimalkan agar bisa memberikan performa yang mumpuni. New Mac Pro menyematkan pengendali memori empat saluran DDR3 yang berjalan di kecepatan 1866MHz. Kemampuannya ini menghasilkan kecepatan bandwidth hingga 6oGB/detik. Sementara itu, penyimpanan flash PCIe nya sepuluh kali lebih cepat ketimbang desktop hard drive SATA 7200-rpm serta 2.5 lebih cepat daripada drive SSD SATA.

Berbagai keunggulan yang tersimpan di dalamnya akan membuat New Mac Pro membutuhkan daya yang luar biasa besar. Meskipun begitu, hal tersebut bukanlah penghalang yang menghambat laju Apple saat menciptakan Mac Pro model terbarunya ini. Alasannya adalah penggunaan inti termal yang kompak ketimbang penurun suhu panas yang banyak dan kipas guna mendinginkan prosesor dan graphics card. Inti termal tersebut beroperasi dengan menggiring keluar panas yang dihasilkan CPU dan GPU serta mendistribusikannya secara bersamaan melewati inti termal. 

New Mac Pro juga menyediakan beragam portal ekspansi yang didesain dengan portal built-in yakni Thunderbolt 2, USB 3, portal HDM11.4 dan Gigabit Ethernet. Thunderbolt merupakan teknologi I/O paling fleksibel dan tercepat di kelasnya. Dua portal Gigabit Ethernet memungkinkan Anda terhubung ke berbagai jenis jaringan, sedangkan HDMI 1.4 mendukung televisi pintar terbaru, proyektor dan layar, termasuk Ultra HD TV. Di sisi lain, koneksi wireless yang disediakan meliputi WiFi 802/11ac yang merupakan teknologi terbaru yang tercepat di kelasnya. Setali tiga uang, konektivitas teknologi jaringan Bluetooth yang digunakan pun memiliki kapabilitas yang sama.


0 komentar:

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.

Internet

Tokoh

Teknologi

Komputer

Berita

Ilmu Pengetahuan

Elektronika

Gadget

Tips dan Trik