Home » , » Rangkaian Water Level Alarm, Aplikasi Untuk Mengetahui Permukaan Air Sebuah Bak/Tangki

Rangkaian Water Level Alarm, Aplikasi Untuk Mengetahui Permukaan Air Sebuah Bak/Tangki

Dipublikasikan oleh Maman Soleman

Warta IPTEK - Kebutuhan akan air adalah hal yang vital dalam kehidupan kita sebab air adalah salah satu sumber kehidupan. Penataan pasokan air harus dilakukan sebaik mungkin agar kebutuhan kita sehari-hari dapat terpenuhi. Salah satu upayanya adalah dengan mengisi air untuk bak mandi, WC maupun tangki air. Dibandingkan zaman dulu, saat ini untuk mengisi air di bak atau tangki tak harus menimbanya melalui sumur atau perigi. Berkat kemajuan teknologi berupa pompa air (terutama pompa air listrik), maka penyedian air untuk kebutuhan sehari-hari tidak perlu mengeluarkan keringat banyak. Cukup dengan menyalakan saklar yang terhubung ke pompa air atau bahkan dengan hanya memutar kran air pun akan mengalir memenuhi bak atau tangki.

Nah, agar acara mengisi air untuk bak mandi, bak WC atau tangki air semakin asyik Anda bisa memanfaatkan sebuah rangkaian elektronika yang bernama Water Level Alarm. Dengan rangkaian water level alarm Anda tidak perlu lagi bolak-balik ke kamar mandi atau toilet hanya untuk memeriksa sudah penuh atau tidaknya air di dalam bak tersebut sehingga Anda pun bisa mengerjakan hal-hal lain sambil mengisi bak atau tangki itu.

Rangkaian Water Level Alarm ini dapat dipakai untuk mengetahui permukaan air di dalam sebuah bak atau tangki, khususnya untuk bak atau tangki yang diletakkan di atas menara atau tower. Bila air dalam bak sudah menyentuh dua buah batang sensor, maka alarm akan berbunyi yang menandakan bahwa air sudah memenuhi bak dan selanjutnya Anda dapat mematikan pompa air.

Bila Anda tertarik ingin membuat Rangkaian Water Level Alarm, berikut ini disajikan gambar skema rangkaian water lever alarm beserta daftar komponennya.



Daftar Komponen :
Resistor
R = 150K
Kapasitor
C1 = 0,005 uF
C2 = 0,01 uF
Transistor
TR1 = BC108
TR2 = 2Sb178
Speaker 2 inci/5 Ohm


0 komentar:

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.

Internet

Tokoh

Teknologi

Komputer

Berita

Ilmu Pengetahuan

Elektronika

Gadget

Tips dan Trik